Mengenal Bentuk Geometris dan Maknanya

Bentuk atau dalam bahasa inggrisnya shape ternyata memiliki berbagai makna yang menempel kepadanya. Setiap bentuk mengkomunikasikan pesan maupun kesan tersendiri. Yang ada di sini adalah beberapa bentuk dasar geometris.  


Bulat atau Lingkaran
Bentuk ini memiliki kesan melindungi dan kesempurnaan dengan garis lingkaran utuh. Dari segi psikologi, kesan yang timbul adalah hangat, nyaman, kasih sayang atau cinta dan keselarasan. Selain itu dapat menyimbolkan kesatuan dan integritas. Dengan garis yang lengkung bulatan juga dapat mewakili gerakan.

Kotak
Dengan garis yang kaku dan tegas mengesankan formalitas, perintah dan rasioanalitas. Namun bentuk kotak juga memiliki kesan kejujuran dan kestabilan. Dari segi psikologi bentuk kotak memiliki kesan kemapanan, keamanan, damai dan persamaan. 

Segitiga
Bentuk segitiga yang meruncing dapat menjadi suatu penunjuk arah, untuk itu kesan yang timbul adalah pencapaian tujuan. Bentuk ini dapat menyimbolkan stabilitas namun dapat pula sebaliknya. Dalam spiritualitas bentuk ini digunakan untuk mewakili pengenalan diri, dan pencerahan. 
Spiral
Bentuk spiral yang dinamis menyimbolkan kreativitas. sering digunakan untuk mewakili sebuah proses. Putaran spiral sesuai arah jarum jam memiliki kesan tentang sebuah keinginan. sementara arah sebaliknya memilik arti terpenuhinya sebuah keinginan. Sedangkan apabila digabung akan memiliki kesan perlawanan.
Silang
Tanda silang mewakili spiritualitas dan penyembuhan. bentuk ini juga memiliki kesan keseimbangan, kayakinan, persatuan, dan harapan. dua garis yang bertemu meyimbolkan hubungan atau pertemanan.

5 komentar: